Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini Warga Pamekasan Disambut Hujan Debu

Kompas.com - 14/02/2014, 08:52 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com — Aktivitas warga di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Jumat (14/2/2014), terhambat karena tumpukan debu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud.

Warga pun harus menggunakan masker saat akan bepergian, terlebih saat berkendara sepeda motor.

Nurul Hidayah, warga asal Desa Panglegur, Kecamatan Tlanakan, mengaku terkejut dengan tebalnya debu yang menutupi motornya, saat hendak berangkat kerja.

PNS di lingkungan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika ini kemudian melihat warga lainnya sudah mengenakan masker yang menandakan adanya hujan debu.

“Mungkin ini debu letusan Gunung Kelud sampai Pamekasan. Warga di sini sudah pake masker semua yang mengendarai sepeda motor,” kata dia.

Warga lainnya, Achmad Soleh, asal Kelurahan Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu, mengatakan, mobilnya yang diparkir di depan rumah pun diselimuti debu. “Sangat kelihatan debunya tebal sekali. Ini mungkin debunya Gunung Kelud sampai di Pamekasan,” ungkap Soleh juga.

Di beberapa kantor pemerintahan, senam pagi tetap digelar sesuai jadwal. Namun, para pesertanya menggunakan masker. Pemandangan ini berbeda dengan senam pada hari-hari sebelumnya.

“Semua peserta senam di kantor kami menggunakan masker karena takut membahayakan,” kata Siti Fatmawari, PNS di Pemkab Pamekasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com