Kepala Pos Pemantauan: Letusan Kelud Kali Ini Paling Dahsyat - Kompas.com

Simak kembali catatan Ekspedisi Kompas Cincin Api “Kelud Revolusi Gunung Api” di edisi khusus epaper.kompas.com dan www.cincinapi.com.

BrandzView

Kepala Pos Pemantauan: Letusan Kelud Kali Ini Paling Dahsyat

Kompas.com - 14/02/2014, 00:31 WIB
KOMPAS/RUNIK SRI ASTUTI Ratusan wisatawan lokal maupun asing berkunjung ke kawasan wisata Gunung Api Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (15/6/2008). Gunung Kelud kembali meletus Kamis (14/2/2014) malam.

KEDIRI, KOMPAS.com
 — Kepala Pos Pantau Gunung Kelud Khairul Huda menilai, letusan Gunung Kelud saat ini paling dahsyat di antara letusan sebelumnya, 2007 dan 1990.

"Ledakan kali ini paling dahsyat sehingga suaranya sampai Yogyakarta. Kami tidak tahu kondisi ini sampai kapan dan berakhir sampai mana," ujar Khairul Huda, Jumat (14/2/2014) dini hari.

Sementara itu, Kepala Humas Pemkab Kediri Edi Purwanto menyatakan, saat ini pihaknya mengutamakan penyelamatan warga. Ke depannya, pihaknya akan mencari cara untuk memindahkan warga jika kondisi di pengungsian belum dikatakan aman.

Hingga saat ini, pengungsi dari beberapa desa dan kecamatan di lereng Kelud terus berdatangan. Bibit (60), warga Kecamatan Plosoklaten, mengaku lega sudah sampai di tempat pengungsian Satlak PB Bencana. Kecamatan Plosoklaten merupakan salah satu daerah rawan terdampak bencana Kelud.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya