Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Ini kalau Bandung Mau Juara...

Kompas.com - 13/02/2014, 06:30 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, untuk mewujudkan slogan "Bandung Juara" dari segala aspek, desentralisasi kewilayahan yang saat ini tengah digodok perencanaannya harus terwujud.

"Kalau Bandung mau juara, desentralisasi ini harus jadi semangat," kata Ridwan di Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/2/2014). Seperti diberitakan sebelumnya, Ridwan berencana menjadikan kelurahan menjadi lembaga setingkat satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Kalau sekarang riweuh, masa saya sampai tahun kelima harus ikut merazia, ngurusin kebersihan di pengkolan-pengkolan kalau (sebenarnya) camat dan lurahnya bisa bergerak?" ungkap Ridwan.

Ridwan mengaku saat ini tengah dilakukan kajian untuk mencari payung hukum yang memungkinkan perubahan kelurahan menjadi SKPD itu. Dia berharap perubahan "status" kelurahan menjadi SKPD tersebut dapat terwujud sebelum akhir masa jabatannya.

"Mohon selama lima tahun ke depan bisa dikaji. Kalau belum ada cantolan hukumnya, mohon dibuat cantolan hukumnya. Kalau sudah ada, tinggal dilaksanakan," ujar Ridwan.

Ridwan berharap program desentralisasi bisa menyelesaikan banyak masalah di kewilayahan yang selama ini banyak diselesaikan pemerintah pusat. "Nanti bisa menyelesaikan (persoalan) baik ketertiban, sampah, taman, macet, dan lain sebagainya. Dengan anggaran dan personel kewilayahan, bisa beres yang rutin-rutin begitu," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com