Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelantikan Soekarwo, Bambang Absen, Eggi Janji Hadir

Kompas.com - 11/02/2014, 19:43 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Selain Khofifah Indar Parawansah, mantan cagub Jatim yang dipastikan tidak hadir dalam pelantikan gubernur-wagub terpilih, Soekarwo-Saifullah Yusuf, Rabu (12/2/2014) besok adalah Bambang Dwi Hartono. Sementara cagub independen, Eggi Sudjana berjanji akan hadir.

Bambang, cagub yang diusung PDI-P itu mengaku berhalangan hadir karena masih ada kesibukan di Kalimantan Timur. "Saya tidak bisa hadir, karena masih ada kesibukan di Kaltim," tulis mantan wakil Wali Kota Surabaya itu melalui pesan elektronik (SMS) kepada Kompas.com, Selasa (11/2/2014) sore.

Sementara Cagub jalur independen, Eggy Sudjana saat dikonfirmasi berjanji akan datang pada pelantikan pasangan petahana Cagub-Cawagub Jatim itu. "Ya, Insyaallah saya datang," katanya.

Sebelumnya, pasangan Khofifah Indar Parawansah sudah memastikan bahwa dirinya tidak akan hadir dalam pelantikan Soekarwo-Saifullah Yusuf. Dia beralasan masih dalam waktu masa "Iddah", atau masa tidak diperkenankan keluar rumah menurut aturan agama Islam selama empat bulan 10 hari.

Pasangan petahana Pilgub Jatim menang setelah meraih 8.195.816 suara (47,25 pesen) dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 30.034.249 yang tersebar di 71.036 tempat pemungutan suara (TPS). Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja berada di posisi kedua dengan 6.525.015 suara (37,62 persen). Disusul pasangan Bambang DH-Said Abdullah di posisi ketiga dengan 2.220.069 suara (12,69 persen). Sedangkan posisi keempat ditempati pasangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat dengan hanya memperoleh 422.932 suara (2,44 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com