Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Dapat CSR dari Amerika, Ini Rencana Ridwan Kamil

Kompas.com - 07/02/2014, 16:15 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kembali mengejar dana corporate social responsibility (CSR) untuk tambahan dana memperbanyak fasilitas di Kota Bandung. Kali ini, dana CSR berasal dari gabungan perusahaan Amerika Serikat.

Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil—mengatakan, jika nantinya perusahaan-perusahaan Amerika tersebut mau memberikan sebagian dana CSR ke Kota Bandung, dia ingin mengalokasikannya untuk membebaskan Kota Bandung dari banjir.

"Banjir dulu sekarang saya mah. Jadi pakai skala prioritas ke mana-mana sekarang," kata Emil di kantor Wali Kota Bandung, Jalan Wastu Kencana, Kota Bandung, Jumat (7/2/2014).

Emil menambahkan, saat ini dirinya tengah berfokus memperbanyak sumur resapan di wilayah-wilayah yang kerap terendam banjir. Menurut dia, dana CSR sangat mungkin untuk memenuhi target membangun 10.000 sumur resapan di Kota Bandung.

"Saya sih mintanya sumur resapan, karena satu sumur resapan harganya bisa Rp 5 juta, berarti mencapai Rp 5 miliar. Sementara dana kita enggak sebanyak itu dari APBD," katanya.

Sebelumnya Emil mengatakan, kesempatan untuk mendapatkan dana CSR tersebut diperoleh dari jaringan yang dimiliki oleh mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Jalal.

"Hari ini saya ngurus presentasi ke sepuluh Kadin (Kamar Dagang dan Industri)-nya Amerika Serikat di Wisma Metropolitan Jakarta," kata Emil di kantornya, Jumat (7/2/2014).

Lebih lanjut Emil menambahkan, gabungan perusahaan Amerika Serikat tersebut menyediakan dana CSR hingga ratusan triliun rupiah untuk investasi selama lima tahun.

"Saya presentasi mewakili Bandung, barangkali saja kecolek satu dua (perusahaan). Jadi saya akan mempromosikan Bandung, apakah ada bisnis atau kesempatan untuk hibah atau CSR seperti yang biasa dilakukan," bebernya.

Dengan latar belakang sebagai salah satu lulusan universitas di negeri Paman Sam, Emil berharap dana CSR itu bisa diperoleh dengan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com