Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Desa Rusak, Sekolah di Pulau Enggano Libur

Kompas.com - 05/02/2014, 21:19 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Sejak dua bulan belakangan, Sekolah Menengah Atas (SMA) di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara diliburkan akibat akses jalan yang menghubungkan antardesa dan pusat pendidikan di daerah itu rusak berat.

Hal ini disampaikan beberapa perwakilan suku di pulau terluar di Bengkulu saat menyampaikan aspirasi mereka ke DPRD provinsi, Rabu (5/2/2014) melalui wadah Yayasan Karya Enggano (YKE).

Salah seorang perwakilan warga, Prontir Kauno (40) menyebutkan, sebanyak 50 siswa SMA di pulau tersebut telah diliburkan karena akses jalan di wilayah itu rusak parah. "Sudah dua bulan ini pendidikan di pulau kami terhenti karena siswa tak dapat menuju sekolah, hal ini diakibatkan jalan yang menghubungkan tiga desa dan delapan dusun di Enggano rusak seperti kubangan kerbau," kata Prontir.

Ia mengatakan, jalan rusak merupakan salah satu keluhan warga. Jika ini terus dibiarkan, maka pendidikan anak di pulau tersebut menjadi terganggu.

Prontir mengakui memang ada alternatif jalan menuju sekolah, yakni menyusuri pesisir pantai, namun hal tersebut berisiko karena laut kerap pasang dan dapat membahayakan para siswa jika tetap nekat berangkat sekolah.

Warga berharap pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dan provinsi dapat memberikan jalan keluar atas persoalan itu.

Selain mengeluhkan soal pendidikan dan jalan rusak, ribuan jiwa warga yang mendiami Enggano menyampaikan aspirasi mereka agar kapal yang biasa berlayar ke pulau itu segera beroperasi karena sedang dalam perbaikan sejak dua minggu lalu.

Pulau Enggano merupakan wilayah terluar Provinsi Bengkulu yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com