Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Car Free Night Bandung Bakal Digelar di Tiap Kecamatan

Kompas.com - 05/02/2014, 12:27 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, gelaran Car Free Night (CFN) yang dibarengi juga dengan Bandung Culinary Night (BCN) akan digelar rutin dua minggu sekali.

Namun, jika sebelumnya CFN dan BCN diadakan di Jalan Braga, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, ke depan kecamatan-kecamatan lainnya juga akan ikut berpartisipasi.

Dengan kata lain, dua gelaran dalam satu momen tersebut dipastikan menyebar ke seluruh Kota Bandung. "Berita baiknya, banyak kecamatan yang sudah siap untuk mengadakan culinary night," kata Ridwan di Bandung, Rabu (5/2/2014).

Ridwan menambahkan, pertimbangan waktu penyelenggaraan dua minggu sekali karena banyak warga butuh waktu untuk mengonsep dan mempersiapkan. Menurut Ridwan, dua minggu bisa memberikan jeda waktu kepada masyarakat di kecamatan agar mempersiapkan CFN dan BCN secara matang.

"Ternyata kalau hanya nutup jalan gampang, bisa seminggu sekali. Tapi untuk menyiapkan makanan dan penjualnya, warga menyatakan butuh waktu supaya tidak buru-buru," tuturnya.

Untuk sementara ini, kata Ridwan, Pemkot Bandung masih ikut membantu kecamatan-kecamatan yang berniat untuk mengadakan CFN dan BCN di lingkungan masing-masing.

Perinciannya, Pemkot akan membantu 70 persen dari seluruh kebutuhan yang diperlukan. Namun, bantuan tersebut tidak akan seterusnya diberikan.

Pemkot Bandung berharap warga bisa mandiri dan kreatif untuk menggelar dua acara yang diharapkan bisa menambah pemasukan untuk warganya itu. Minimal, kata Ridwan, pada gelaran kelima, warga sudah bisa membiayai dan mengonsep CFN dan BCN sendiri.

"Nanti kita balik, 70 persen dari warga, 30 dari pemkot, mulai dari konsepnya sampai keamanannya. Dengan begitu umurnya panjang karena tidak di-EO-kan. Dan saya pastikan tidak ada tim saya dan saya tidak ikutan," bebernya.

Ridwan melanjutkan, ada beberapa kecamatan yang telah siap untuk menggelar dua kegiatan tersebut. Dua di antaranya adalah Kecamatan Lengkong dan Kecamatan Ujungberung.

"Diadakannya berbarengan sehingga warga tidak bergerak dan bisa menikmati di kecamatannya masing-masing," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com