Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pelajari Praktik Pertukaran Satwa KBS

Kompas.com - 03/02/2014, 21:37 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Polrestabes Surabaya tidak hanya mendalami kasus kematian sejumlah satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS). Polisi ternyata juga tengah mempelajari praktik pertukaran satwa yang kerap dilakukan oleh pengelola KBS.

"Kami masih mendalami dan menyelidiki apakah ada unsur pelanggaran pidana dalam kasus pertukaran satwa tersebut," kata Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Farman, Senin (3/2/2014).

Selain mendatangkan sejumlah pakar hukum dan pakar satwa, pihaknya juga mempelajari sejumlah aturan yang memuat tata cara pertukaran hewan dengan pihak lain. "Sebelum masuk ke tahap penyidikan, kami perlu paham dulu aturan-aturan tentang praktik pertukaran satwa," tambahnya.

Praktik pertukaran satwa, menurut hasil tim audit Pemkot Surabaya, kerap terjadi di kebun binatang yang konon koleksinya pernah paling lengkap se-Asia Tenggara itu. Pertukaran tersebut tidak hanya dilakukan antara satwa dengan satwa, namun juga antara satwa dengan mobil, dan barang lainnya.

KBS akhir-akhir ini kembali menjadi sorotan publik, karena seringkali ditemukan satwa yang mati mendadak. Selain singa jantan, beberapa waktu lalu juga ditemukan satwa jenis komodo, kijang, gnu, dan rusa bawean. Kematian satwa-satwa tersebut kini juga tengah diselidiki oleh polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com