Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Negara Labuan Bajo-Ruteng Longsor

Kompas.com - 03/02/2014, 12:04 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Hujan deras yang melanda wilayah Manggarai Raya, Nusa Tenggara Timur, dalam beberapa hari belakangan ini mengakibatkan tanah longsor.

Salah satunya adalah Jalan Negara Labuan Bajo-Ruteng yang longsor di perbatasan Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat di Pang Lembor, Kecamatan Lembor.

Akibat longsor yang belum ditangani pemerintah, warga di sekitar lokasi longsor membersihkan tanah longsor dengan memungut biaya pada setiap kendaraan yang melintasi jalan tersebut, baik dari arah Ruteng ke Labuan Bajo maupun dari Labuan Bajo ke Ruteng.

Menurut seorang warga Manggarai Barat, Ardianus Harsi, yang ditemui Kompas.com di Labuan Bajo, Senin (3/2/2014), warga memungut biaya Rp 2.000 untuk tiap kendaaan roda dua, sedangkan kendaraan roda empat dimintai biaya Rp 5.000-Rp 10.000 per kendaraan.

"Warga masyarakat melakukan itu karena mereka membersihkan tanah longsor di Jalan Negara tersebut," jelasnya.

Selain itu, di sekitar Kampung Mamis, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, juga ada tanah longsor, tetapi warga tidak memungut biaya kendaraan. Selain tanah longsor, ada banyak pohon tumbang di Jalan Negara akibat angin kencang yang terjadi selama dua hari sejak Sabtu (1/2/2014).

"Saya minta pemerintah melalui BPBD daerah secepatnya turun ke lokasi untuk membersihkan tanah longsor," mintanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com