Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurnalis Tewas di Sinabung Bukan Reporter TVOne

Kompas.com - 01/02/2014, 20:20 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ecep Estiasa, General Manager Gathering TVOne, membantah Rizal Sahputra (23), jurnalis yang menjadi korban tewas yang terkena awan panas di Gunung Sinabung, merupakan jurnalis TVOne. Menurutnya, Rizal memang pernah bekerja sebagai stringer TVOne di Biro Medan.

Dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/2/2014) malam, Ecep mengatakan, Rizal telah keluar dan bekerja di salah satu media cetak di Sumatera Utara. "Yang bersangkutan masuk ke salah satu media cetak di Sumut. Oleh sebab itu, posisi dia saat meninggal dunia, bukan bekerja di TVOne," ujarnya.

Ecep mengaku jajaran TVOne terkejut saat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis daftar korban tewas akibat tersapu awan panas letusan Gunung Sunabung, Sabtu pukul 18.00 dan satu korbannya adalah mantan karyawannya.

Kendati demikian, Ecep mewakili TVOne tetap mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya mantan karyawannya tersebut. Menurutnya, almarhum meninggal secara terhormat lantaran meninggal di tengah tugas jurnalistik.

Sebelumnya diberitakan, BNPB merilis daftar korban tewas akibat awan panas Gunung Sinabung. Satu diantaranya dilaporkan reporter TVOne.

Berikut nama korban yang dirilis:
1. Alexander Sembiring (Warga Simpang Korpi Kabanjahe, pelajar SMA 1 Merdeka);
2. Daud Surbakti (17 tahun, Desa Payung, Pelajar);
3. Dipa Nusantara (17 tahun, SMA Brastagi);
4. David (17 tahun, Kelas 2 SMK Simpang Korpri);
5. Mahal Sembiring (25 tahun, guru honor SD Gurukinayan);
6. Rizal Sahputra (23 tahun, jl, Karya Bhakti Medan (reporter Jurnal Sumut);
7. Teken Sembiring (47 tahun, Ds. Gurki);
8. Santun Siregar (25 tahun, GMKI Kuta Kane (mahasiswa)).
9. Vitriani Br Napitupulu
10. Asran Lubis (21 tahun, Desa Perdamaian Kuta Cane)
11. Marudut Narisan Sihite (25 tahun, Kutatengah, lau sigala gala agara, mahasiswa)

Sementara itu dilaporkan 3 orang korban tewas sedang dalam perjalanan ke RSU Kabanjahe. Adapun, korban luka-luka dibawa ke rumah sakit Evarina Etatham Kabanjahe yaitu Sehat Sembiring (48) dan anaknya Surya Sembiring (21) adalah warga Kabanjahe yang akan ziarah ke Desa Sukameriah. Mereka berada sekitar 2,7 kilometer dari kawah Gunung Sinabung. Satu korban luka lainnya adalah Doni Milala (60) warga Desa Sukameriah yang sedang mengunjungi rumahnya setelah sekian lama mengungsi akibat erupsi Sinabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com