Cuaca Buruk, 2 Kapal Tabrakan di Surabaya, 1 Tenggelam

Kompas.com - 31/01/2014, 19:26 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam Kompas.com/Ronny Adolof BuolIlustrasi kapal tenggelam
|
EditorFarid Assifa

SURABAYA, KOMPAS.com
- Sebuah kapal motor pengangkut puluhan kontainer dikabarkan tenggelam di wilayah perairan alur pelayaran barat Surabaya, Jumat (31/1/2014) sekitar pukul 09.45 WIB karena cuaca buruk.

Puluhan kontainer yang diangkutnya jatuh ke laut, namun sejauh ini tidak mengganggu alur pelayaran.

Humas Syahbandar Tanjung Perak Surabaya, Marzuki, dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Kapal Motor (KM) Tantohari tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal MT Sirius tepatnya di titik buoy 10, atau di jarak 10, 22 mil sebelum masuk kolam Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Saat menunggu pandu, ada cuaca buruk dan terjadi angin kencang, lambung KM Tantohari sobek setelah bersenggolan dengan KM MT Sirius," jelasnya, Jumat (31/1/2014).

Sekitar 30 menit setelah terjadi tabrakan, KM Tantohari yang dinahkodai Kapten Yondhi Shinto itu miring dan akhirnya tenggelam, sementara puluhan kontainer jatuh berserakan di laut sampai ke pelabuhan Gresik.

"Untungnya 21 ABK kapal tersebut selamat dan langsung dilarikan ke rumah sakit," tambahnya.

Hingga saat ini, kapal belum dievakuasi, namun pihak Syahbandar sudah berkoordinasi dengan bagian navigasi dan pihak terkait, untuk memberikan tanda kepada setiap kapal yang melintas, bahwa ada kapal tenggelam di titik buoy 10 alur pelayaran barat Surabaya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X