Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, 2 Kapal Tabrakan di Surabaya, 1 Tenggelam

Kompas.com - 31/01/2014, 19:26 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
- Sebuah kapal motor pengangkut puluhan kontainer dikabarkan tenggelam di wilayah perairan alur pelayaran barat Surabaya, Jumat (31/1/2014) sekitar pukul 09.45 WIB karena cuaca buruk.

Puluhan kontainer yang diangkutnya jatuh ke laut, namun sejauh ini tidak mengganggu alur pelayaran.

Humas Syahbandar Tanjung Perak Surabaya, Marzuki, dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Kapal Motor (KM) Tantohari tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal MT Sirius tepatnya di titik buoy 10, atau di jarak 10, 22 mil sebelum masuk kolam Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Saat menunggu pandu, ada cuaca buruk dan terjadi angin kencang, lambung KM Tantohari sobek setelah bersenggolan dengan KM MT Sirius," jelasnya, Jumat (31/1/2014).

Sekitar 30 menit setelah terjadi tabrakan, KM Tantohari yang dinahkodai Kapten Yondhi Shinto itu miring dan akhirnya tenggelam, sementara puluhan kontainer jatuh berserakan di laut sampai ke pelabuhan Gresik.

"Untungnya 21 ABK kapal tersebut selamat dan langsung dilarikan ke rumah sakit," tambahnya.

Hingga saat ini, kapal belum dievakuasi, namun pihak Syahbandar sudah berkoordinasi dengan bagian navigasi dan pihak terkait, untuk memberikan tanda kepada setiap kapal yang melintas, bahwa ada kapal tenggelam di titik buoy 10 alur pelayaran barat Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com