Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Jombang Siaga di Lokasi Bencana, Warga Membandingkannya dengan Jokowi

Kompas.com - 31/01/2014, 06:28 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

JOMBANG, KOMPAS.com — Warga menyikapi dengan beragam komentar tentang kiprah Bupati Jombang, Nyono Suharli, di lokasi bencana longsor di Dusun Kopen, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di antara warga yang mengapresiasi, ada yang membandingkannya dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

"Ya iyalah, Jokowi aja blusukan, masak dia (Bupati Jombang) enggak," seloroh seorang warga saat melihat bupati dan rombongannya berjalan kaki melintas di lokasi bencana, Kamis (30/1/2014). Pantauan Kompas.com, Nyono Suharli hampir tidak pernah jauh dari lokasi.

Bupati yang menjabat sejak 2013 ini terus mendampingi tim SAR dalam penanganan pascabencana tersebut. Bahkan bupati dari Partai Golkar itu sengaja menginap di sebuah rumah milik warga setempat.

Rumah tersebut hanya berjarak sekitar 50 meter dari titik longsor sehingga, hanya dengan duduk di halaman rumah, dapat jelas melihat proses evakuasi yang berlangsung. Selain di sekolah yang menjadi posko utama, di rumah itu pula Bupati dan jajarannya menggelar koordinasi dan evaluasi.

Selain Bupati, rutin pula datang ke lokasi bencana Wakil Bupati Jombang Munjidah Wahab. Dalam bencana dengan 14 warga yang tewas menjadi korban itu, Bupati dan Wakil Bupati Jombang berbagi peran. Misalnya, saat Bupati mengambil langkah taktis penanganan bencana maka wakilnya menenangkan kaum perempuan di lokasi bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com