Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Unit Penjinak Bom Jaga Imlek di Bandung

Kompas.com - 30/01/2014, 04:22 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Dalam rangka pengamanan hari raya Imlek 2565 yang jatuh pada tanggal 31 Januari 2014, Polrestabes Bandung menyiagakan dua unit Pasukan Penjinak Bom (Jibom).

"Ada dua unit Jibom yang kita siapkan," kata Kepala Polrestabes Bandung Kombes Mashudi, di Bandung, Rabu (30/1/2014).

Lebih lanjut Mashudi menjelaskan, para personel Jibom nantinya akan melakukan sterilisasi di 23 kelenteng dan wihara yang ada di Kota Bandung. Menurutnya, langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi teror bom dari oknum tidak bertanggung jawab.

"Kita juga lakukan rapat koordinasi dengan pemuda kelenteng untuk pengamanan. Pasalnya, yang tahu segalanya adalah pihak kelenteng dan orang dalam," imbuhnya.

Sementara itu, perayaan Imlek di Kota Bandung juga akan mendapat pengawalan ribuan personel kepolisian dari Jajaran Polrestabes Bandung bekerja sama dengan beberapa instansi terkait, seperti Satpol PP, Kodim, Koramil, Denpom, dan Dishub.

"Personel dari Polrestabes Bandung saja ada 1.000 lebih, itu belum termasuk dari polsek. Besok kita akan melakukan gelar pasukan pengaman Imlek," jelasnya.

Sebanyak 23 kelenteng yang ada di Kota Bandung, kata dia, telah diinventarisasi oleh sembilan polsek yang sesuai dengan wilayahnya. Tak hanya pada saat hari-H, pengamanan dan antisipasi ancaman juga dilakukan sehari sebelumnya.

"Kita akan lakukan sterilisasi dua kali, pagi dan sore. Pengamanan ini kita lakukan untuk memberikan pelayanan kepada saudara kita agar nyaman dalam beribadah dan berjalan lancar hingga pulang ke rumah masing-masing," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com