Lima Bom Ikan Ditemukan di Jaket Bajing Loncat

Kompas.com - 28/01/2014, 16:25 WIB
Bom ikan (bondet) ditemukan di jaket pelaku pencurian dengan kekerasan. KOMPAS.com/Achmad FaizalBom ikan (bondet) ditemukan di jaket pelaku pencurian dengan kekerasan.
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com - Lima buah bom rakitan jenis bondet atau bom ikan ditemukan di dalam jaket seorang perampok yang ditembak mati polisi di Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (28/1/2014) dini hari. Bom tersebut akan diledakkan dengan dilempar jika perampok tersebut dalam kondisi terdesak atau tertekan.

Lima buah bom ikan berdiameter sekitar empat sentimeter yang terbungkus tali berwarna hijau, dan terdapat sumbu di ujungnya itu ditemukan dalam jaket Rohim (37). Perampok spesialis truk atau yang biasa disebut "bajing loncat" itu tewas ditembak polisi karena melawan dengan senjata tajam saat ditangkap di kawasan Jalan Raya Ngoro, Pasuruan.

Selain bom ikan, polisi juga mengamankan pisau sepanjang 20 sentimeter yang dipakai melawan polisi. "Bom itu akan dilempar jika situasinya terdesak, atau pelaku merasa tertekan," kata Kasubid Penmas, Polda Jawa Timur, Selasa (28/1/2014).

Warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo itu merupakan buronan kasus pencurian dengan kekerasan yang kerap beraksi di sejumlah daerah seperti Malang, Pasuruan, Mojokerto, Batu, Sidoarjo, dan Pacitan.

"Buron itu sudah dibuntuti polisi sejak sepekan lalu, saat dia terakhir beraksi di wilayah Pacitan," tambahnya.

Rohim adalah salah satu anggota kelompok spesialis pencurian dengan kekerasan. Sebagian besar rekannya sudah ditangkap.

Kelompok ini kerap membajak truk-truk yang melintas di jalan saat malam hari, merampas barang bawaannya, dan melumpuhkan sopir dan kondekturnya dengan disekap. "Kelompok ini menurut laporan juga kerap membobol rumah-rumah mewah," pungkas Bambang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X