Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Skala 4,7 Terasa Kuat di Cilacap, Warga Berjaga-jaga

Kompas.com - 26/01/2014, 01:19 WIB


CILACAP, KOMPAS.com
- Getaran gempa bumi yang kembali mengguncang wilayah Jawa bagian selatan, Sabtu (25/1/2014) tengah malam menjelang Minggu dini hari terasa kuat di Cilacap. Warga pun banyak yang keluar rumah untuk berjaga-jaga.

Pantauan di Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, sejumlah warga yang merasakan guncangan gempa tersebut segera keluar dari rumah sambil meneriakkan gempa meskipun hujan.

Bahkan, salah seorang warga yang tengah terbaring di tempat tidurnya karena sakit, Tadiwirya sempat berteriak, "Gempa lagi nih."

Hingga Minggu dini hari, sebagian warga belum kembali masuk rumah. Mereka masih berkumpul di warung-warung makanan yang masih buka.

Belum ada informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait dengan kekuatan dan pusat gempa.

Namun, sesuai data yang dirilis Badan Geologi AS atau United States Geological Survei (USGS), gempa tersebut berkekuatan 4.7 (skala magnitud). Gempa terjadi Sabtu (25/1/2014) pukul 23.58 WIB berpusat 43 kilometer arah barat daya Adipala dengan kedalaman 92,5 km. 

Gempa tersebut tidak sekuat gempa pada Sabtu siang. Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter mengguncang pada Sabtu (25/1/2014) pukul 12.14 WIB. Pusat gempa tersebut berlokasi di 8,48 derajat lintang selatan dan 109,17 derajat bujur timur, 104 kilometer barat daya Kebumen dengan kedalaman 48 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com