Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Kebumen, Rumah Warga Roboh

Kompas.com - 25/01/2014, 16:48 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Gempa Tektonik 6,5 SR yang berpusat di Kebumen, Jawa Tengah juga dirasakan cukup besar di Yogyakarta, Sabtu (25/1/2014). Akibat gempa yang dirasakan sekitar 20 detik itu, satu rumah dan satu gudang milik warga di Dusun Kalangan dan Dusun Gegunung, Desa Tirtohargo Kecamatan Kretek Bantul, roboh.

Rumah milik Sumarjo dikatakan dalam keadaan kosong. Sementara, rumah milik Wardani, warga Dusun Kalangan Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek Bantul juga mengalami kerusakan di bagian dapur. Selain dua rumah tersebut, satu gudang milik Sarjowiyono warga Dusun Kalangan, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek Bantul juga mengalami kerusakan cukup parah.

"Ada satu rumah rusak, satu rumah roboh dan satu gudang rusak. Namun tidak ada korban jiwa," kata Wardani, Sabtu.

Ia mengungkapkan, kerugian yang dialami tak begitu besar sebab hanya perabotan dapur, genting, dan kayu yang patah.

Menurutnya pascagempa, warga langsung berdatangan untuk bergorong-royong. Beberapa warga membersihkan genteng dan kayu yang jatuh berserakan akibat terguncang gempa.

Seperti dberitakan sebelumnya, Gempa tektonik 6.5 SR yang berpusat di Barat Daya Kebumen Jawa Tengah juga dirasakan di wilayah DIY selama 15 detik. Akibatnya beberapa warga yang terkejut lantas berhamburan keluar rumah. (K75-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com