Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa, Satu Rumah Roboh di Purworejo

Kompas.com - 25/01/2014, 13:18 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah terjadi gempa dengan kekuatan 6,5 SR  di 104 km barat daya Kebumen, Jawa Tengah atau 147 km Barat Daya Yogyakarta, Sabtu (25/1/2014) pukul 12.14 WIB. Pusat kedalaman gempa di Samudera Hindia pada kedalaman 48 km. Pusat gempa berada di bagian dalam lempeng Eurasia di luar zona subduksi lempeng Hindia Australia-Eurasia. Gempa tak berpotensi tsunami.

Menurut Sutopo, Posko BNPB telah mengonfirmasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di daerah yang terdekat dengan pusat gempa. Di Purworejo, gempa dirasakan sangat keras selama sekitar 30 detik. Satu rumah roboh dan beberapa rusak di Desa Krandegan, Kecamatan Bacan, Purworejo. Masyarakat berhamburan ke luar rumah dan kantor.

"BPBD Purworejo masih melakukan pendataan," kata Sutopo, dalam pesan singkatnya yang diterima Kompas.com, Sabtu siang.

Sementara itu, BPBD Cilacap telah melakukan pengecekan daerah-daerah di selatan dan timur Cilacap. Gempa dirasakan sekitar 30 detik. Masyarakat berhamburan ke luar rumah, dan belum ada laporan kerusakan. Demikian halnya di Kebumen. 

Ada pun, Di semua kabupaten/kota di Yogyakarta dilaporkan goncangan keras dirasakan selama sekitar 10 detik. Perabotan rumah bergeser dari posisinya. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa.

"Update akan disampaikan berikutnya," ujar Sutopo.

Sutopo mengungkapkan, data USGS terkait gempa siang ini menyebutkan, maksimum goncangan gempa berintensitas VI MMI (kuat, strong) yang dirasakan di sepanjang pantai selatan mulai dari Cilacap, Kebumen hingga Purworejo. Umumnya, dampak gempa dengan intensitas VI MMI ada bangunan-bangunan yang rusak. Gempa juga dirasakan di Yogyakarta, Solo, Boyolali, Klaten, Magelang, Sragen, hingga Semarang.

 

  
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com