Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterjang Gelombang, Kapal Tenggelam di Perairan Maluku

Kompas.com - 25/01/2014, 11:41 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kapal Niaga Jaya I yang mengangkut materil pembangunan jembatan tenggelam di perairan Kilmuri, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Jumat (24/1/2014). Kapal berlayar dari pelabuhan Ambon dengan tujuan Teor pada Selasa (21/1/2014).

Saat memasuki perairan Kilmuri, kapal nahas tersebut diterpa cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan itu dan tenggelam. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Maluku, Kifli Wakano, menjelaskan, berdasarkan laporan dari BPBD setempat, kapal tersebut tenggelam sekira pukul 14.00 WIT setelah diterpa cuaca buruk dan tinggi gelombang.

“Tidak ada penumpang, hanya ada 10 Anak Buah Kapal saat kapal itu berlayar,” katanya kepada Kompas.com, Sabtu (25/1/2014).

Kepala Administrator pelabuhan (ADPEL) Ambon, Ali Ibrahim, juga menyatakan jika kapal tersebut tenggelam setelah adanya cuaca buruk dan gelombang tinggi diperairan itu. ”Kapal dihantam gelombang dan badai dan akhirnya tenggelam Jumat kemarin,” kata Ali.

Menurut Ali, kapal milik PT Anak Maluku itu dinahkodai oleh Pieters dengan ABK berjumlah 10 orang. Saat tenggelam, kapal itu tengah memuat semen, pasir, kerikil kayu papan serta besi. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com