Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditembak, 1 Anggota Komplotan Curanmor Penusuk Polisi Tasik

Kompas.com - 24/01/2014, 23:05 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota meringkus komplotan pelaku penusukan polisi sekaligus gembong pencuri kendaraan bermotor (curanmor). Tiga tersangka diamankan bersama 18 motor hasil curian di beberapa lokasi berbeda. Dua tersangka di antaranya ditembak kakinya, karena mencoba melarikan diri saat akan ditangkap.

"Tiga tersangka ini adalah rekan dari pelaku penusukan anggota kami. Mereka adalah komplotan pencuri motor yang selalu beroperasi di wilayah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya," jelas Kepala Polres Tasikmalaya Kota, AKBP Noffan Widyayoko saat jumpa pers, Jumat (24/1/2014) siang.

Ketiga tersangka ini berinisial WN, JH, dan AS. Mereka dalam aksinya memiliki peran yang berbeda. Mulai pemetik atau pelaku pencurian motor, penjual hasil curian, sampai penadah barang.

"Penangkapan mereka setelah mendapatkan keterangan dari DN, pelaku yang ditangkap setelah menusuk dan melawan petugas saat akan penangkapan," ujar Noffan.

Sebanyak 18 motor hasil curian yang disita, kata Noffan, dijemput di beberapa lokasi yang berbeda. Mulai dari daerah Tasikmalaya Selatan, Utara, sampai di daerah pegunungan perbatasan Tasik-Garut.

"Kami mengimbau kepada warga yang merasa kehilangan motor untuk segera mengecek dengan membawa surat kendaraan ke Polres Tasikmalaya Kota. Untuk pengambilannya tak akan dipungut biaya. Ini juga ada dua orang pemilik yang mengambil langsung," tambah Noffan, sembari mengaku rekan pelaku penusukan yang melarikan diri bernama Iman alias Andri, sampai sekarang belum tertangkap dan masih dalam pengejaran.

Diberitakan sebelumnya, dua anggota Satuan Narkoba Polres Tasikmalaya Kota, ditusuk seorang pengedar ganja saat akan penangkapan di Kampung Gandok, Desa Margamulya, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (19/1/2013) malam. Saat kejadian, kedua anggota sedang dalam penyamaran untuk menangkap pelaku.

Dua polisi itu adalah Brigpol Wawan dan Aiptu Hilman. Korban Hilman mengalami luka parah akibat sabetan dan tusukan senjata tajam di beberapa bagian tubuhnya. Sedangkan Wawan mengalami luka sayatan di bagian tangan kanannya.

Tersangka penusukan polisi berjumlah dua orang, yaitu Iman alias Andri dan Dadeng alias Deden. Dadeng, pelaku penusukan ditangkap setelah ditembak kakinya, sedangkan Iman masih dalam pengejaran. Dadeng pun setelah diselidiki diketahui terlibat puluhan kasus curanmor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com