Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heryawan: Waduk Jatigede Akhiri Banjir Cirebon-Indramayu

Kompas.com - 23/01/2014, 20:32 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis


GARUT, KOMPAS.com - Bendungan atau waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat tahun ini diharapkan selesai dan bisa dioperasikan. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengungkapkan, Bendungan Jatigede akan mengatasi masalah banjir di Cirebon dan sebagian Indramayu.

"Insya Allah tahun ini mudah-mudahan selesai, sudah digenangi. Itu banjir Cirebon, sebagian Indramayu itu akan terselesaikan dengan selesainya bendungan Jatigede," kata Aher seusai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Garut di gedung DPRD Garut, Kamis (23/1/2013) sore.

Bencana alam yang disebabkan oleh aktiviras manusia berupa pengurugan atau alih fungsi lahan, kata Aher, akan teratasi dengan pembangunan waduk. Bahkan keberadaan waduk juga akan berdampak positif pada sektor lainnya. Seperti pertanian, pariwisata dan energi.

"Kalau itu disebabkan karena adanya pengurugan. Maka itu akan terselesaikan dengan adanya bendungan. Selain untuk pengairan pertanian, sumber air bersih, pariwisata dan fungsi tenaga listrik dan fungsi pengendalian banjir," jelasnya.

Selain waduk Jatigede di Sumedang, Pemprov Jabar, kata Aher, juga tengah mengupayakan pembangunan waduk di Karawang. "Kita di Karawang ke depan juga harus ada bendungan kecil di teluk Jambe. Itu sudah dibicarakan," tambahnya.

Seperti diketahui, pada Selasa (1/10/2013), uji coba penggenangan bendungan atau waduk  Jatigede batal dilakukan. Padahal sesuai rencana, uji coba penggenangan itu dilakukan mulai 1 Oktober dengan cara menutup aliran air Sungai Cimanuk di terowongan pengelak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com