Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Enthus Susmono Akan Kembangbiakkan Burung Hantu

Kompas.com - 23/01/2014, 04:29 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com — Bupati Tegal Enthus Susmono berencana mengembangbiakkan burung hantu atau tyto alba. Menurut dia, burung ini dapat menjadi solusi untuk menahan gempuran serangan hama tikus di sawah.

"Kalau ada yang mau menembak burung hantu, tembak ganti," tegasnya kepada Tribun Jateng, Rabu (22/1/2014). Dia mengatakan, burung hantu adalah pemakan tikus sehingga dapat berperan menekan pertumbuhan cepat binatang pengerat itu.

Serangan hama tikus di persawahan di wilayah Tegal paling banyak terjadi di Kecamatan Pagerbarang. Sebelumnya, Rabu pagi, Enthus ikut mengejar dan membunuh tikus bersama para petani.

"Hai tikus, jenengan saya bunuh untuk kesejahteraan petani," ujar Enthus sebelum membunuh tikus di persawahan Randusari, Kecamatan Pagerbarang. Dalam gropyokan ini ratusan tikus bisa dibunuh.

"Tikus itu kan hama, berkembang biak sangat cepat, apalagi pas musim tanam atau petik," ujar Enthus. Dengan lubang persembunyian yang bisa di mana saja, kata dia, perkembangbiakan tikus itu harus dicegah dan dikurangi.

Per November 2013 hingga Januari 2014, tikus telah menyerang 1.030 hektare tanaman padi di Kabupaten Tegal. "Setiap malam, tikus menyerang hektaran pagi. Sangat merugikan petani," ujar Udin, petani di Randusasi.

( YS Adi Nugroho/Dodi Esvandi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com