Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pola Pencurian di Kota Bandung Berubah

Kompas.com - 22/01/2014, 16:11 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Kepala Polda Jawa Barat Irjen Mochamad Iriawan mengatakan, ada perubahan pola yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan tindak pidana pencurian di Kota Bandung belakangan ini.

Menurut Iriawan, para pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor mengubah jam operasi mereka, dari yang biasa dilakukan tengah malam menuju dini hari, kini dilakukan lebih awal, tepatnya pada sore hari.

"Waktu melakukan tindak pidana 3C bergeser dari biasanya pukul 22.00 WIB hingga 05.00 WIB, menjadi 18.00 WIB sampai 22.00 WIB," ungkap Iriawan di Markas Polrestabes Bandung, Rabu (22/1/2014).

Iriawan menambahkan, perubahan pola kejahatan tersebut didapat setelah Polrestabes Bandung berhasil mengungkap puluhan kasus kejahatan pencurian, terhitung sejak tanggal 1 Januari hingga 19 Januari 2014.

"Ini catatan untuk jajaran kami. Saya imbau agar membuat pola baru untuk mengantisipasi pola yang bergeser," ucapnya.

Sementara itu, perubahan pola kejahatan diakui Iriawan juga terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat. Menurutnya, hal tersebut bukan tidak mungkin akibat efek penekanan tingkat kriminalitas di Kota Bandung.

"Langkah-langkah penegakan hukum di Polrestabes Bandung juga berimbas ke daerah lain. Ketika di satu daerah ditekan, maka daerah lain akan menonjol. Pola waktunya juga berubah di daerah," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com