Terduga Teroris Surabaya Dikenal sebagai Distributor Makanan

Kompas.com - 21/01/2014, 14:40 WIB
Polisi berjaga di rumah terduga teroris di Jalan Tanah Merah Sayur I, Surabaya, Jawa Timur. SURYA/HAORRAHMANPolisi berjaga di rumah terduga teroris di Jalan Tanah Merah Sayur I, Surabaya, Jawa Timur.
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com — Abdul Majid, terduga teroris yang ditangkap aparat Detasemen Khusus 88 Antiteror di Jalan Kedung Cowek, Surabaya, Senin (21/1/2014), dikenal sebagai seorang wirausaha di lingkungan tersebut.

Pria lajang itu menggeluti usaha distributor roti dan telur puyuh. "Selain di sejumlah tempat di Surabaya, Majid juga kerap mengirim barang dagangannya ke Malang," kata Mia, tetangga di samping rumah Majid, Selasa (21/1/2014).

Menurut Mia, Majid dikenal pendiam, tekun, dan taat beribadah. Di rumah berlantai dua itu, Majid tinggal bersama kakaknya yang sudah berkeluarga. "Kakak Majid juga pengusaha, dia berjualan tahu di pasar," terangnya.

Mia mengaku sangat kaget jika Majid disebut anggota jaringan teroris Poso. Apalagi, saat menggeledah rumahnya, polisi juga menemukan rangkaian bom paku. Namun, Mia mengaku tidak mengenal Isnaini Ramdhoni, pria yang ditangkap bersama Majid, kemarin malam. "Kalau Majid asli warga sini, kalau yang satu saya tidak pernah tahu, apalagi kenal," tambahnya.

Abdul Majid, pria kelahiran Surabaya, 18 Oktober 1978, tersebut tercatat pernah mengikuti  pelatihan teror di Poso bersama gembong teroris yang masih diburu, Santoso.

Abdul Majid ditangkap bersama Isnaini Ramdhoni, pria kelahiran Probolinggo, 13 Juni 1983, yang tercatat sebagai warga di Jalan Pahlawan Gang Kemiri 51 RT 001 RW 015 Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

Keduanya diketahui sudah merencanakan pengeboman di Surabaya, di antaranya di kantor polisi serta tempat hiburan malam, seperti Dolar THR, Doly Surabaya, Galaxy di Jalan Pandegeling Surabaya, dan Colour di Jalan Sumatera.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X