Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

53 Tukik Hasil Penangkaran Dilepaskan ke Habitatnya

Kompas.com - 13/01/2014, 05:35 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Puluhan anak penyu, alias tukik, hasil penangkaran dilepaskan ke habitatnya, di kawasan Pantai Ujong Pancu, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (12/1/2013). Pelepasan 53 tukik ini dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jaring Kuala.

"Hari ini merupakan kali pertama kami melepaskan tukik pada 2014, di lokasi baru," kata Rahmad, salah satu pegiat LSM Jaring Kuala, di lokasi pelepasan tukik. Dia mengatakan tukik ini merupakan hasil penetasan telur yang mereka eramkan setelah didapat dari masyarakat.

Pelepasan tukik pada Minggu petang tersebut melibatkan puluhan siswa sekolah dasar setempat dan para wisatawan pantai itu. "Kami memberikan pemahaman, khususnya kepada anak-anak sejak dini tentang satwa yang harus dilindungi ini," ujar Rahmad. Populasi penyu di Aceh, imbuh dia, terus menyusut.

Rahmad mengatakan, ada tujuh spesies penyu yang sudah dinyatakan langka di dunia. Ketujuh spesies itu adalah penyu belimbing, lekang, hijau, sisik, tempayan, pipih, dan kempi. Dia mengatakan, sejak turut beraktivitas di Aceh pada 2010, data mereka mendapatkan baru empat spesies penyu yang sudah berhasil mereka tangkarkan. "(Baru) belimbing, lekang, hijau, dan sisik," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com