Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Tumbang Macetkan Jalur Padat Garut

Kompas.com - 09/01/2014, 03:29 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Hujan deras disertai angin, yang sepanjang siang mengguyur Garut, Jawa Barat, pada Rabu (8/1/2014), mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Raya Samarang. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini, tetapi kemacetan mengakibatkan arus lalu lintas mengular sampai 1 kilometer.

"Kejadian (pohon tumbang) sekitar pukul 20.30 WIB," kata Kepala Badan Pengendalian Bencana Daerah Jawa Barat Dikdik Hendrajaya, Kamis (9/1/2014) dini hari. Lokasi pohon tumbang itu terletak di Jalan Raya Samarang, tepatnya di Kampung Jati Toblong, Desa Cinta Rakyat, Kecamatan Samarang, Garut.

Pohon yang tumbang adalah surian berdiameter 30 sentimeter dengan tinggi 35 meter. "Roboh ke jalan," kata Dikdik, saat dihubungi melalui telepon.

Kemacetan sempat berlangsung selama beberapa jam karena upaya memindahkan pohon tumbang tersebut dilakukan dengan memotongnya menjadi bagian-bagian kecil. Pembersihan lokasi dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Garut, dibantu warga dan Koramil Samarang. Setelah pohon tersebut terpotong-potong, kemacetan terurai.

"Karena materialnya cukup besar ditambah kondisi hujan, selama pemotongan pohon, (jalan bagi) arus (kendaraan) terpaksa buka tutup dan ketersendatan mencapai satu kilometer di dua arah," kata Dikdik. Arus lalu lintas baru kembali lancar pada Kamis dini hari.

Jalan Raya Samarang merupakan salah satu jalur terpadat di Kota Garut. Ruas jalan ini merupakan akses ke sejumlah obyek vital, seperti PT Chevron Geothermal Indonesia Ltd di Darajat dan PT Indonesia Power UBP Kamojang, serta ke beberapa obyek wisata alam di wilayah ini.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com