Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Warga Bengkulu Antre Daftar BPJS

Kompas.com - 08/01/2014, 16:00 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Ratusan warga Bengkulu mengantre selama berjam-jam untuk mendaftarkan diri menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus Bengkulu, Rabu (8/1/2014).

Antrean telah tampak sejak pagi sekitar pukul 08.00 WIB di tiga loket pendaftaran yang  disediakan manajemen rumah sakit. Pantauan Kompas.com, satu orang setidaknya harus mengantre selama dua jam untuk mendapatkan pelayanan pendaftaran BPJS.

Penumpukan antrean terjadi diduga akibat terlalu sedikitnya loket yang disediakan rumah sakit. "Jumlah loket hanya ada tiga, sementara warga yang ingin membuat kartu BPJS sudah mencapai ratusan. Semestinya loket diperbanyak," kata Ridwan, seorang pengantre, Rabu siang.

Kepala BPJS Bengkulu, Syaipul Roib, mengatakan hingga saat ini terdapat sebanyak 187.000 peserta Askes di daerah itu secara berangsur beralih ke BPJS Kesehatan. Selanjutnya, terdapat 80.000 ribu warga yang terdaftar dalam program Jamkesmas juga turut beralih ke BPJS.

Ia melanjutkan peserta BPJS tersebut dapat berasal dari peserta Askes, Jamsostek, Jamkesmas, Jamkesda, Jamkesporv dan masyarakat umum. "Jika telah terdaftar di BPJS kesehatan maka peserta sama sekali tidak akan dikenai biaya berobat jika sakit di rumah sakit manapun di Indonesia," demikian Syaipul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com