Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiang Keselamatan, Rambu Bersuara untuk Keselamatan Pengendara

Kompas.com - 07/01/2014, 14:53 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Jika Anda tengah berkunjung ke Garut dan menjumpai kemacetan, jangan kaget bila tiba-tiba terdengar suara perempuan yang mengingatkan anda tetap waspada. Suara itu berasal dari rambu lalu lintas yang diberi nama tiang keselamatan.

Rambu tersebut baru dipasang oleh Jajaran Satlantas Polres Garut menjelang tutup tahun 2013 lalu. Menurut Kasatlantas Polres Garut, AKP Bariu Bawana, rambu tiang keselamatan sudah dipasang di 20 titik rawan macet dan rawan kecelakaan di kota Garut.

Rambu tiang keselamatan mengingatkan para pengguna jalan agar menaati peraturan lalu lintas. "Misalnya jangan pakai HP saat nyetir, pakai sabuk pengaman, pakai helm SNI, nyalakan lampu bagi sepeda motor dan lain-lain," kata Bariu saat dihubungi Selasa (7/1/2014) siang.

Rambu tiang keselamatan, jelas Bariu terdiri dari speaker aktif dan lampu silang. Sebagai pengisi daya, rambu tiang keselamatan tidak menggunakan listrik tapi memakai panel surya.

"Kalau ada tiang keselamatan, berarti di situ daerah rawan macet atau rawan laka," jelasnya.

Bariu mengajak masyarakat untuk menjaga keberadaan rambu tiang keselamatan. Sebab, pengadaan rambu lalu lintas yang teranyar tersebut merupakan ikhtiar Satlantas Polres Garut untuk mengurai kemacetan dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

"Kalau tiap saat diingatkan, mudah-mudahan membekas dibenak pengendara," ulasnya.

Ke depan, lanjut Bariu, pemanfaatan rambu tiang keselamatan akan lebih dimaksimalkan lagi untuk hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan publik. Semisal mengingatkan para pengendara jika telah memasuki waktu ibadah sholat.

"Bisa saja (timer sholat), yang penting dimaksimalkan fungsinya," kata Bariu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com