Kapal Tangker Tenggelam, Minyak Tumpah ke Laut

Kompas.com - 06/01/2014, 21:19 WIB
Kapal Tangker MT. Sumber Mutiara IX yang mengangkut 700 kilo liter bahan bakar minyak, meledak dan terbakar ketika sandar di dermaga Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Kompas.com/Ronny Adolof BuolKapal Tangker MT. Sumber Mutiara IX yang mengangkut 700 kilo liter bahan bakar minyak, meledak dan terbakar ketika sandar di dermaga Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.
|
EditorFarid Assifa

MANADO, KOMPAS.com - Kapal tangker MT Sumber Mutiara IX yang meledak dan terbakar di pulau Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara kini terbalik dan tenggelam. Bahan bakar minyak (BBM) yang masih berada di atas kapal tumpah ke laut, dan api terus berkobar di permukaan laut.

"Kapal tadi terbalik sekitar pukul 18.00 Wita. Sebelumnya meledak lagi, dan kini suasana mencekam," ujar Sekretaris Dinas Perhubungan dan Infokom Kabupaten Sitaro, Ganda Mulalinda kepada Kompas.com, Senin (6/1/2013).

Suasana mencekam karena BBM yang tumpah ke laut tetap terbakar dan laut sedang mengalami pasang. Tim terpadu yang berusaha memadamkan api mengkhawatirkan kobaran api merambat ke darat dan membahayakan warga di pesisir pantai.

"Sebagian warga yang ada di pesisir pantai kini coba dievakuasi untuk menghindari korban," tambah Mulalinda.

Kini, tim terpadu dan warga coba membuat parit dan undukan pasir di sekitar penampungan BBM yang ada di dekat pantai. Hal itu ditujukan untuk mencegah api tidak merembet ke tangki penampungan BBM yang ada di darat.

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi Basarnas Manado, Danang P mengatakan, Tim Terpadu sudah bekerja maksimal sesuai dengan kemampuan yang ada. Tim tersebut terdiri dari Pertamina, Pemadam Kebakaran Kota Manado, TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Basarnas Manado.

"Tapi hingga saat ini baru satu jenazah dari dua anak buah kapal (ABK) yang hilang, ditemukan. Untuk proses pencarian satu ABK yang belum ditemukan, akan dilanjutkan besok pagi," ujar Danang.

Kapal tangker MT Sumber Mutiara IX yang mengangkut 700 kiloliter BBM meledak dan terbakar ketika sedang memompa BBM dari kapal ke darat di Pelabuhan Tagulandang pada Sabtu (4/1/2014) pagi. Selama tiga hari, Tim Terpadu berusaha untuk memadamkan api. Satu korban tewas sudah ditemukan. Dua korban luka parah lainnya sudah dibawa ke Manado. Satu korban lagi masih dalam pencarian. Kapal tangker itu sendiri mengangkut 14 ABK.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X