GBPH Joyokusumo Berwasiat Agar Disholatkan di Masjid Kecil

Kompas.com - 01/01/2014, 16:18 WIB
jenazah GBPH Joyokusumo saat dibawa dari ndalem Joyokusuman ke masjid rotowijayan untuk di Sholatkan
KOMPAS.com/wijaya kusumajenazah GBPH Joyokusumo saat dibawa dari ndalem Joyokusuman ke masjid rotowijayan untuk di Sholatkan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - GBPH Joyokusumo atau Gusti Joyo semasa hidupnya pernah berpesan kepada kakaknya, KGPH Hadiwinoto agar ketika suatu saat dipanggil yang Maha Kuasa jenazahnya disholatkan di masjid kecil yang lokasinya di sebelah timur Dalem Joyokusuman.

Sesuai permintaan, setelah Raja Keraton Ngayogyakarta Sri Sultan HB X dan Permaisuri GKR Hemas beserta keluarga mendoakan Jenazah GBPH Joyokusumo, almarhum disholatkan di Masjid Rotowijayan yang terletak disebalah timur rumah duka Dalem Joyokusuman.

"Iya, pernah berpesan, jika suatu saat dipanggil (meninggal) ingin di sholatkan di Masjid Rotowijayan," terang KGPH Hadiwinoto, Rabu (01/01/2013).

KGPH Hadiwinoto menuturkan, selain berpesan agar di sholatkan di Masjid Rotowijayan GBPH Joyokusumo juga meminta agar dimakamkan di Pasarean Hastorenggo di Kotagede Yogyakarta. Selain dari Kerabat keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, beberapa tokoh masyarakat dan seniman Yogya serta warga tampak khusuk mengikuti sholat di Masjid Rotowijayan.

Usai disholatkan, pada pukul 14.15 wib jenazah GBPH Joyokusumo dibawa ke peristirahatan terakhirnya di pasarean Hastorenggo Kotagede dengan menggunakan mobil ambulan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X