Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GBPH Joyokusumo Berwasiat Agar Disholatkan di Masjid Kecil

Kompas.com - 01/01/2014, 16:18 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA,KOMPAS.com - GBPH Joyokusumo atau Gusti Joyo semasa hidupnya pernah berpesan kepada kakaknya, KGPH Hadiwinoto agar ketika suatu saat dipanggil yang Maha Kuasa jenazahnya disholatkan di masjid kecil yang lokasinya di sebelah timur Dalem Joyokusuman.

Sesuai permintaan, setelah Raja Keraton Ngayogyakarta Sri Sultan HB X dan Permaisuri GKR Hemas beserta keluarga mendoakan Jenazah GBPH Joyokusumo, almarhum disholatkan di Masjid Rotowijayan yang terletak disebalah timur rumah duka Dalem Joyokusuman.

"Iya, pernah berpesan, jika suatu saat dipanggil (meninggal) ingin di sholatkan di Masjid Rotowijayan," terang KGPH Hadiwinoto, Rabu (01/01/2013).

KGPH Hadiwinoto menuturkan, selain berpesan agar di sholatkan di Masjid Rotowijayan GBPH Joyokusumo juga meminta agar dimakamkan di Pasarean Hastorenggo di Kotagede Yogyakarta. Selain dari Kerabat keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, beberapa tokoh masyarakat dan seniman Yogya serta warga tampak khusuk mengikuti sholat di Masjid Rotowijayan.

Usai disholatkan, pada pukul 14.15 wib jenazah GBPH Joyokusumo dibawa ke peristirahatan terakhirnya di pasarean Hastorenggo Kotagede dengan menggunakan mobil ambulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com