Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kader PKB Jatim Berharap Mahfud Maju Pilpres ketimbang Rhoma Irama

Kompas.com - 01/01/2014, 16:00 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis


PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Deklarasi pencapresan Mahfud MD disambut antusias oleh kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di daerah.

Wakil Ketua DPRD Kota Probolinggo dari PKB Abdullah Zabut menilai, tak salah bila PKB mengusung Mahfud sebagai salah satu capres yang akan diberangkatkan, selain Rhoma Irama.

"Pak Mahfud pernah menjadi anggota parlemen, Menteri Pertahanan dan Ketua MK. Beliau juga tegas dan bersih," ujar Zabut saat berbincang-bincang dengan Kompas.com, Rabu (1/1/2014).

Zabut yang juga kakak kandung Wakil Sekjen DPP PKB Abdul Malik Haramain ini bahkan yakin Mahfud bisa menang Pilpres. Kata dia, jika mampu meraih total suara di Jawa Timur saja, Mahfud bisa terpilih sebagai Presiden berikutnya.

"Di Jawa Timur ada 37 juta pemilih. DPT nasional sebanyak 186 juta. Bila meraup total suara di Jatim, Mahfud menang. Jangan lupa, Jatim adalah basis Nahdliyin. Pemilih rasional dan berpendidikan memilih Mahfud ketimbang Rhoma," tukasnya.

Tapi, lanjut Zabut, Rhoma lebih disukai oleh masyarakat perdesaan. Sebagai pedangdut dengan lirik religiusnya, nama Rhoma melekat di hati masyarakat. Karenanya, Rhoma juga menjadi ancaman serius bagi capres lain.

"Hasil survei saya di lapangan, kaum terpelajar menyukai Mahfud, sedangkan masyarakat pedesaan kepincut sama Rhoma," kata Zabut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com