Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heryawan: Alhamdulillah, Jawa Barat Sesuai Harapan...

Kompas.com - 01/01/2014, 09:57 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat mengklaim kinerja pemerintahannya sepanjang 2013 sudah sesuai dengan target perencanaan. Namun, dia tak mengelak masih ada kekurangan dan masalah di sana-sini.

"Alhamdulillah, sesuai dengan yang kami canangkan ya, semuanya cukup berhasil. Banyak masalahnya, relatif juga masalahnya," kata Heryawan kepada wartawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jawa Barat, Rabu, (1/1/2014), dini hari.

Heryawan tak membantah masih ada masalah antara lain terkait peningkatan sumber daya manusia, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, lingkungan hidup, ketahanan pangan, dan ekonomi. Namun menurut dia permasalahan tersebut sedikit demi sedikit telah tertangani.

Sebagai pendukung klaim keberhasilannya itu, Heryawan mengatakan saat ini angka kemiskinan dan pengangguran Jawa Barat sudah berkurang. Angka makro perekonomian Jawa Barat pun menurut dia sudah membaik dari waktu ke waktu.

Dalam kesempatan itu Heryawan menegaskan kembali bahwa pendidikan merupakan program unggulan di pemerintahannya. "Paling penting," kata dia. Menurut Heryawan, pendidikan punya peran besar meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) 45 juta penduduk Jawa Barat.

Perjalanan masih panjang

Meskipun mengklaim keberhasilan kinerja pemerintahannya, Heryawan mengatakan perjalanan membangun Jawa Barat masihlah teramat panjang. Persoalan di provinsi tersebut menurut dia juga sangat kompleks.

"Disitulah diperlukan energi lebih besar, kecerdasan yang tinggi, (karena) boleh jadi tantangannya lebih tinggi dari tantangan sebelumnya," kata Heryawan. Dia pun berjanji akan bekerja lebih keras lagi di masa mendatang untuk mempercepat pembangunan di Jawa Barat. "Tentu capaian ke depan kami targetkan lebih tinggi. (Seperti), harus membangun usaha," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com