2013, Geng Motor Tewaskan 7 Orang di Makassar

Kompas.com - 31/12/2013, 15:44 WIB
Ilustrasi: Geng motor yang meresahkan warga Kota Medan berhasil di tangkap tanpa perlawanan Kompas.com/ Mei LeandhaIlustrasi: Geng motor yang meresahkan warga Kota Medan berhasil di tangkap tanpa perlawanan
|
EditorFarid Assifa

MAKASSAR, KOMPAS.com
- Sepanjang tahun 2013, tindakan kriminalitas geng motor mengakibatkan 7 orang meninggal dunia dan 15 luka-luka. Rata-rata korban terkena senjata panah maupun dikeroyok oleh geng motor tersebut.

Data tersebut diungkapkan Kapolda Sulselbar, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Burhanuddin Andi saat menggelar refleksi akhir tahun di Sekolah Perpolisian Nasional (SPN) Batua di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Senin (30/12/2013).

Menurut Burhanuddin, aksi brutal geng motor di Makassar akan menjadi prioritas penanganan di jajarannya. "Berdasarkan data tahun ini mengalami peningkatan tindakan kriminalitas geng motor. Pada 2013, 7 orang meninggal dunia dan 15 orang luka. Sementara pada 2012, 1 orang meninggal dunia dan 1 orang luka. Peningkatan yang sangat besar dan sudah meresahkan masyarakat," ungkapnya.

Untuk menekan aksi geng motor itu, Burhanuddin mengaku telah membentuk dua tim antigeng motor. Dua tim itu terdiri dari anggota kepolisian dan masyarakat. Selain itu, polisi akan bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk menggelar razia kendaraan bermotor di kalangan pelajar.

"Polisi harus intensif operasi atau razia di lokasi titik balapan liar. Sekolah-sekolah juga akan menyampaikan pesan Kantibmas. Selain itu, polisi harus kerja sama dengan pihak sekolah untuk razia pelajar yang menggunakan ranmor tanpa kelengkapan surat izin mengemudi (SIM). Kita juga akan tindak tegas pelaku balap liar," bebernya.

Apalagi, kata Burhanuddin, rentetan kasus penyerangan dan perampokan terhadap minimarket yang dilakukan kawanan geng motor terus saja terjadi di kota Makassar, sehingga perlu dilakukan penindakan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X