Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati 9 Tahun Tsunami, Jurnalis Aceh Gelar Doa Bersama

Kompas.com - 25/12/2013, 21:24 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com -
Puluhan jurnalis yang bekerja di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar menggelar doa bersama untuk mengenang para jurnalis yang meninggal dunia saat gempa dan tsunami melanda Aceh pada 2004 lalu.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh, Tarmilin Usman mengatakan, para jurnalis yang meninggal pada musibah tsunami ini berjumlah 27 orang. "Semuanya mereka meninggal saat bertugas melakukan peliputan saat gempa melanda Aceh dan kemudian terhadang gelombang tsunami," katanya, Rabu malam (25/12/2013).

Para jurnalis yang menjadi korban ini bekerja di sejumlah media lokal, nasional dan kantor berita asing. Jika mendata jurnalis dan keluarganya, tambah Tarmilin, maka semuanya berjumlah 103 orang.

"Setiap tahun, hingga tahun kesembilan ini kita selalu melakukan kegiatan doa dan zikir bersama, untuk mengenang sahabat, dengan tujuan meningkatkan solidaritas antarsesama jurnalis," ujar Tarmilin.

Suasana haru tak terbendung, saat zikir dilantunkan ustaz Syukri Daud yang memimpin doa dan zikir. "Itu memang pengalaman pahit yang tidak bisa dilupakan, namun hidup ya harus berjalan dan semoga kita bisa hidup dengan lebih baik sekarang," ujar Arief Rahman, seorang jurnalis media lokal yang berhasil selamat dalam hempasan gelombang tsunami 9 tahun lalu.

Masyarakat di Aceh juga secara serentak melakukan doa dan zikir bersama di berbagai tempat guna mengenang 9 tahun musibah gempa dan tsunami Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com