Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar SMA Meninggal di Gunung Gede Pangrango

Kompas.com - 25/12/2013, 17:39 WIB
Fikria Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pelajar SMA Negeri 6 Bekasi, Shizuko Rizmadhani meninggal saat turun usai pendakian puncak Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, Rabu (25/12/2013). Dia meninggal diduga karena terserang hipotermia atau suhu tubuh yang turun hingga jauh di bawah 35 derajat Celsius.

"Sebanyak 6 orang anggota tim resque kami termasuk dari Montana, naik ke atas untuk mengevakuasi, posisi korban ada di Pos Kandang Batu, sempat diberikan nafas buatan," kata pendiri Indonesia Green Ranger, Idhat Lubis saat dihubungi Kompas.com.

Menurutnya, kondisi cuaca di Gunung Gede saat itu sedang turun hujan. Tim langsung membawa turun jenazah dan sampai di Pos Taman Nasional di Cibodas pada pukul 02.00. Jenazah lalu dibawa ke rumah sakit di Cimacan.

Shizuko merupakan anggota kelompok pecinta alam di sekolahnya dan mendaki bersama rekan-rekannya. Kepergian pelajar ini juga dikabarkan Pecinta Alam SMAN 6 melalui akun Twitter @GEMPASMAN6, "Innalillahi wainailaihi rodjiun tlh berpulang ke rahmatullah @shizukotanimoto gp19 semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah #PrayforRizma".

Antisipasi hujan

Pendakian ke Gunung Gede Pangrango diprediksi meningkat tajam hingga puncak perayaan Tahun Baru 2014. Idhat Lubis mengingatkan para pendaki agar memperhatikan faktor cuaca buruk yang menyelimuti Gede Pangrango di akhir tahun.

"Antisipasi hujan, perhatikan peralatan terutama pakaian dan obat-obatan, cuaca sangat basah," katanya.

Suhu udara di gunung ini rata-rata tercatat antara 19-24 derajat Celsius. Suhu bisa turun lebih rendah lagi jika cuaca berubah sangat buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com