Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Umat Kristiani Manado Rayakan Natal, Pemuda Islam Ikut Berjaga

Kompas.com - 25/12/2013, 09:50 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Puluhan ribu umat Kristiani di Manado mendatangi ratusan gereja yang tersebar di Kota Manado untuk beribadah merayakan Natal hari pertama, Rabu (25/12/2013). Hal yang sama terpantau di berbagai daerah lain di Sulawesi Utara seperti di Tomohon, Tondano, Amurang, Kawangkoan, Siau, Tahuna, Talaud hingga ke Bolaang Mongondow.

"Ini merupakan hari istimewa bagi kami untuk bersyukur atas apa yang sudah diberikan Tuhan sepanjang tahun ini. Bagi kami ini merupakan hari kemenangan," ujar Heidy yang ditemui Kompas.com saat hendak masuk di Gereja GMIM Getsemani Tatali.

Sebelumnya, pada Selasa (24/12/2013) malam, umat Katolik telah melakukan Misa Malam Natal. Di Gereja Katedral Manado, ribuan umat Katolik khusuk mengikuti prosesi Misa Natal. Aparat kepolisian yang dibantu berbagai elemen masyarakat terlihat melakukan penjagaan sepanjang pelaksanaan Misa.

Hal yang sama terlihat pada Ibadah Natal pagi ini. Menariknya, penjagaan tersebut tidak hanya dilakukan oleh aparat polisi saja, tetapi berbagai organisasi pemuda Islam terlihat ikut ambil bagian menjaga keamanan. "Ini menunjukkan kerukunan dan rasa saling menghargai yang tinggi dari masyarakat Sulut," ujar Ferdinand, warga Tomohon.

Ibadah Hari Natal memperingati Kelahiran Yesus Kristus sendiri sudah dimulai sejak subuh tadi. Beberapa gereja menggelar ibadah Natal hingga tiga kali, subuh, pagi dan sore.

Pada Kamis (26/12/2013) besok, ibadah Natal Hari Kedua kembali akan digelar. Setelah mengikuti Ibadah Natal di gereja, biasanya umat Kristiani kemudian melanjutkan dengan saling bersalaman dan mengucapkan selamat Natal dan saling bertandang ke rumah-rumah keluarga dan tetangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com