Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal, Densus 99 Banser Sisir Jatim

Kompas.com - 21/12/2013, 19:28 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com - Jelang perayaan Natal 25 Desember mendatang, Tim Detasemen Khusus (Densus) 99 Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama bergerak menyisir sejumlah wilayah di Jawa Timur. Mereka memetakan potensi ancaman aksi teroris yang kemungkinan terjadi saat perayaan Natal.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur, Alfa Isnaeni mengatakan, Densus 99 secara berkala melaporkan hasil pemetaan kepada dirinya. "Hasil sementara, tim memprediksi ancaman teroris potensial terjadi di Surabaya, Malang, dan sejumlah daerah di kawasan Mataraman Jawa Timur," kata Alfa, Sabtu (21/12/2013), di arena Konferwil GP Ansor Jatim ke-13 di Ponpes Sunan Drajat, Lamongan, Jatim.

Gerakan Densus 99 itu, kata dia, merupakan upaya deteksi dini agar selalu siap menghadapi potensi tindakan anarkisme teroris. Menurutnya, ada 41 cabang GP Ansor di Jatim, yang masing-masing cabang setidaknya memiliki 21 anggota tim Densus 99.

Saat Natal nanti, Ansor Jatim menyiagakan 25 lebih anggota Banser untuk mengamankan seluruh gereja di Jatim, di bawah koordinasi pihak kepolisian. Selain tim, untuk pengamanan yang efektif bertugas mulai 23-27 Desember nanti, GP Ansor juga menyiagakan tim khusus untuk mengatur lalu lintas suplai tenaga keamanan dari Banser.

Setiap perayaan Natal ini, kata Alfa, sifatnya bantuan, sebagai bentuk loyalitas GP Ansor kepada negara yang Bhineka Tunggal Ika dan menghargai prinsip pluralisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com