Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 4,5 SR Guncang Sukabumi

Kompas.com - 19/12/2013, 00:42 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 4,5 skala Richter mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (18/12/2013). Pusat gempa berada di darat dan dangkal.

"Informasi dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), gempa terjadi pada pukul 21.15 WIB, berlangsung 3 detik," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Haryadi saat dihubungi Kompas.com, Rabu malam.

Haryadi mengatakan gempa berpusat di darat dengan koordinat 6,88 Lintang Selatan dan 106,85 Bujur Timur. Berdasarkan koordinat itu, pusat gempa berada 8 kilometer dari Kota Sukabumi.

Menurut data BMKG, ujar Haryadi, pusat gempa juga dekat dengan permukaan tanah atau dangkal, di kedalaman 5 kilometer.

"Warga berbondong-bondong keluar rumah. Gempa dirasakan cukup keras oleh masyarakat di Sukareja, Sukabumi, Puncak, dan Bogor, dengan intensitas III MMI," papar Haryadi. Intensitas MMI tersebut mengategorikan gempa berkekuatan lemah.

Meski demikian, saat ini BPBK Sukabumi sedang mengecek lokasi yang terdampak gempa. "Belum ada laporan kerusakan rumah maupun korban. Proses pengecekan dan pendataan masih dilakukan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com