Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Lagi, Jalan Provinsi di Garut Selatan Putus

Kompas.com - 19/12/2013, 00:10 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Jalur dari Talegong ke Cisewu, Garut, Jawa Barat, kembali diterjang aliran Sungai Cikawung, Rabu (18/12/2013) malam. Akses transportasi dari dan ke kedua wilayah di Garut Selatan tersebut putus karena badan jalan habis tergerus air.

"Informasi dari Camat Cisewu bahwa jalur yang terletak di Kampung Gunung Batu RT 03 RW 05 Desa Cikawung pada pukul 21.00 WIB terkikis air kembali sehingga badan jalan habis," kata Kepala Bagian Informatika Setda Garut Basuki Eko melalui layanan pesan singkat, Rabu malam.

Empat hari lalu, terjangan Sungai Cikawung hanya menyisakan badan jalan selebar dua meter di ruas sepanjang 100 meter. Dari kejadian itu, kendaraan beroda dua masih dapat melintas di ruas berstatus jalan provinsi tersebut.

Eko mengatakan Kecamatan Talegong dan Cisewu merupakan dua di antara kecamatan terjauh dari pusat Kabupaten Garut. Kebutuhan logistik kedua wilayah tersebut bahkan lebih banyak dipasok dari Kabupaten Bandung. Demikian pula tujuan pemasaran hasil bumi dari kedua kecamatan.

Jarak Cisewu ke Garut kota kurang lebih 150 kilometer dan butuh waktu tempuh sekitar 4 jam. Sebaliknya, untuk menjangkau Pangalengan, yang masuk wilayah Kabupaten Bandung, hanya butuh waktu sekitar 30 menit.

Terputusnya jalur Talegong akan memaksa warga Cisewu mengambil jalan memutar untuk ke Bandung. Mereka harus memutar melewati Kecamatan Bungbulang, melewati Garut kota, dan  kemudian ke arah Bandung. Jalur putar ini akan memakan waktu tempuh 5 jam.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com