Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Bulan Bintang Disita, Massa Amuk Markas Kodim

Kompas.com - 16/12/2013, 15:19 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com – Sekitar 1.000 orang terlibat bentrok dengan aparat TNI di depan Kodim 01/01 BS Banda Aceh, Senin (16/12/2013), sekitar pukul 12.00 WIB. Massa memprotes penyitaan ratusan bendera Bulan Bintang oleh aparat TNI.

Ratusan orang tersebut baru menyaksikan pengukuhan Malik Mahmud, mantan perdana menteri Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sebagai Wali Nanggroe Aceh ke IX. Mereka membawa bendera Bulan Bintang dengan berbagai ukuran.

Ketika mereka melewati Kodim, aparat keamanan yang terdiri dari polisi dan TNI mengamankan sejumlah bendara. Massa yang tidak terima kemudian melempari anggota TNI dengan batu dan memecah lampu taman di depan markas Kodim.

Untuk membubarkan aksi massa, pihak keamanan melepaskan sejumlah tembakan peringatan ke udara, namun massa tetap tak mau mundur sebelum bendera Bulan Bintang yang disita dikembalikan. Situasi ini membuat warga yang melintas panik, apalagi setelah mereka mendengar suara tembakan.

Kemarahan massa reda setelah aparat keamanan menyerahkan kembali bendera Bulan Bintang. Kini situasi telah tenang kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com