Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebing Setinggi 20 Meter Longsor dan Tutup Jalan di Purworejo

Kompas.com - 13/12/2013, 20:00 WIB
Regina Rukmorini

Penulis

PURWOREJO, KOMPAS.com — Tebing setinggi 20 meter longsor dan menutup jalan sepanjang 35 meter di Dusun Setoyo, Desa Hargorojo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (13/12/2013) pagi. Kondisi ini sempat mengganggu aktivitas warga dan sempat membuat 40 keluarga terisolasi selama lebih dari tiga jam.

Kepala Dusun Setoyo, Urip (32), menjelaskan, pembersihan jalan langsung dilakukan warga. Namun, dari total lebar jalan tertutup longsor sepanjang tiga meter, akses jalan yang terbuka baru sekitar satu meter.

"Pembersihan keseluruhan longsoran dari jalan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat hari," ujarnya.

Paryanto (32), salah seorang warga, mengatakan, longsor terjadi tanpa ada tanda-tanda sebelumnya, saat cuaca cerah. "Semula hanya ada guguran tanah seperti ada ayam yang mencakar-cakar di atas. Namun, tiba-tiba saja sebagian tebing langsung luruh, longsor ke bawah dengan cepat," ujarnya.

Sebelumnya, di Dusun Setoyo, turun hujan gerimis pada Kamis malam. Hujan berlangsung cukup lama, lebih dari dua jam.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo, Hardoyo, mengatakan, pembersihan akan segera dilakukan dengan melibatkan polisi dan tentara. Di tengah musim hujan seperti sekarang, warga diminta untuk mewaspadai adanya longsor susulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com