Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehabisan Oksigen Saat Menyelam, Dua Nelayan Tewas

Kompas.com - 13/12/2013, 14:45 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis


BONE, KOMPAS.com — Dua nelayan Bajo kehilangan nyawa saat menyelam untuk mencari ikan, Jumat (13/12/2013). Mereka diduga kehabisan oksigen ketika mencari ikan dengan cara tradisional tersebut.

Peristiwa yang menimpa Madi (40), warga Jalan Bandeng, Kelurahan Bajoe, dan Sultan (35), warga Lingkungan Tippulue, Kelurahan Toro, Kecamatan Taneteriattang Timur, ini bermula saat keduanya tengah mencari ikan di lepas Laut Binongko, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dengan cara tradisional, yakni menyelam ke dasar laut dengan hanya mengandalkan pipa untuk menghirup udara.

Naas keduanya diduga kehabisan oksigen saat berada di dasar laut hingga akhirnya tewas. "Sempat naik di perahu, tapi tidak lama meninggal karena mungkin faktor kelelahan juga," ungkap Baharuddin, salah seorang rekan korban.

Keduanya dibawa ke Pelabuhan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, sebelum dibawa ke Kabupaten Bone untuk disemayamkan di rumah duka masing-masing. Saat kedua jasad korban tiba di rumah duka, keluarga mereka menangis histeris.

Sultan meninggalkan seorang putri yang baru berusia 6 tahun, sementara Madi meninggalkan 2 istri dan 7 orang anak. Pihak kepolisian yang mengantar jasad korban ke rumah duka mengalami kesulitan karena keluarga enggan memberi izin otopsi sebagai syarat penyelidikan.

"Keluarga korban tidak mau keberatan. Jadi, kami hanya fasilitasi pertemuan pihak keluarga korban dengan pemilik kapal," kata Iptu Mas'ud, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Sektor (Kabid Humas Polsek) Taneteriattang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com