Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tiga Bulan, Gas 3 Kg Langka di Tasikmalaya

Kompas.com - 12/12/2013, 09:35 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Terhitung sejak tiga bulan terakhir, pasokan gas tiga kilogram dari Pertamina ke banyak agen di Kota Tasikmalaya berkurang. Alhasil, gas bersubsidi ini mulai langka di pasaran dan juga di tingkat pengecer harganya naik mencapai Rp 18.000 per tabung.

Kelangkaan ini bisa terlihat di salah satu agen gas PT Petrolindo Jaya Perkasa Kota Tasikmalaya. Agen ini terpaksa membatasi distribusi gas ke pangkalan dan pengecer.

Menurut Penanggungjawab PT Petrolindo Jaya Perkasa Yadi, biasanya dalam satu kali pengiriman dia mendapat dua truk pasokan gas ukuran tiga kilogram. Namun, sudah tiga bulan ini, dia hanya mendapat pasokan satu truk gas tiga kilogram atau sebanyak 560 tabung.

Agar gas tetap ada di pasaran, agen terpaksa membagi rata ke pangkalan dan pengecer. "Kami masih belum mengetahui secara pasti penyebab pengurangan pasokan dari Pertamina tersebut," kata Yadi, Kamis (12/12/2013).

Sementara itu, ditemui terpisah, salah seorang pengecer gas tiga kilogram di Cikalang, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Ruhiyat mengaku, sudah satu bulan sulit mendapatkan gas tiga kilogram.

Kekurangan pasokan terjadi akibat distribusi barang ini berkurang. "Kalau di sini masih Rp 16.000 per tabung. Tapi di yang lain ada yang mencapai Rp 18.000 per tabungnya," kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com