Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Warga yang Demo Minta Kampus Unibraw Dibangun

Kompas.com - 09/12/2013, 13:44 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Jika sebelumnya aksi meminta pembangunan kampus Universitas Brawijaya Malang di Kediri, Jawa Timur, dilakukan oleh para mahasiswa, kini para berganti warga Kediri yang berunjukrasa meminta pembangunan kampus itu, Senin (9/12/2013).

Massa pengunjukrasa yang datang dari beberapa kelurahan di Kecamatan Mojoroto terutama Kelurahan Mrican (tempat rencana pembangunan kampus Unibraw) dan sekitarnya itu berunjuk rasa di gedung DPRD Kota Kediri.

Mereka memposisikan diri sebagai pengunjukrasa karena para pihak terkait pembangunan kampus Unibraw dinilai lambat dalam merespon realisasi pendirian kampus di lingkungan mereka.

Padahal rencana tersebut sudah bergulir sejak sekitar 3 tahun lalu dan bahkan sudah ada aktivitas pembelajaran oleh mahasiswa Unibraw. Oleh sebab itu mereka turut mendesak elemen wakil rakyat agar secepatnya merevisi dokumen yang menjadi kunci peralihan tanah kas pemerintah yang sedianya akan dijadikan lokasi pembangunannya, serta meminta prioritas pembahasan permasalahan ini dalam pansus nanti.

"Kita beri deadline hingga akhir Desember ini harus sudah tuntas semuanya," kata Zaenuri, salah satu perwakilan warga, saat ditemui beberapa wakil fraksi dprd di ruang Komisi C kantor DPRD.

Menurut Hari Dwitanto, perwakilan warga lainnya, warga sangat berkepentingan dengan pembangunan kampus itu karena dinilainya akan membawa dampak positif bagi warga sekitarnya.

Selain karena faktor perekonomian, menurut dia, juga tersedianya pendidikan yang berkualitas bagi warga Kediri. " Ini tidak hanya demi warga Mrican, tapi bagi Kediri dan daerah sekitarnya," kata dia.

Atas permintaan warga itu, kalangan anggota dprd menyatakan akan segera menindaklanjutinya dengan menggelar pansus. "Kita akan prioritaskan karena selain berhubungan dengan kebijakan politik, hal ini juga berkaitan dengan hak rakyat," kata Mujiono, salah satu anggota DPRD dalam pertemuan itu.

Usai menggelar aksinya, massa kemudian bergeser melanjutkan aksi di kantor Pemerintah Kota Kediri. Permasalahan pembangunan kampus Unibraw atau disebut juga kampus IV ini terus bergulir. Karena ketiadaan kampus tetap, para mahasiswa Unibraw terpencar di beberapa lokasi baik di Kota Kediri maupun Kabupaten Kediri dalam mengikuti perkuliahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com