Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Marapi Semburkan Abu Lagi

Kompas.com - 04/12/2013, 04:42 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber ANT

BUKITTINGGI, KOMPAS.com — Aktivitas Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, kembali meningkat. Setelah satu embusan pada Minggu (1/12/2013), gunung ini sempat pula mengeluarkan abu vulkanik berbau belerang dengan ketinggian 1.000 meter, Selasa (3/12/2013).

"Meski peningkatan aktivitas gunung tidak berdampak langsung kepada masyarakat, namun kewaspadaan agar tetap ditingkatkan," kata petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kota Bukittinggi, Warseno, di Bukittinggi, Selasa.

Gunung Marapi adalah gunung paling aktif di Pulau Sumatera, yang terletak di antara Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Namun, secara administratif, gunung ini masuk wilayah Kabupaten Agam. Abu yang sempat disemburkan Gunung Marapi diterbangkan angin sampai ke Agam, Tanah Datar, Padang Pariaman, dan Padang Panjang.

Warseno mengatakan, permukiman penduduk yang terdekat berjarak 5,5 kilometer dari puncak gunung. Status gunung sampai saat ini masih waspada. "(Namun) masyarakat dan pendaki agar tak mendekati kawah gunung dalam radius 3 kilometer," kata dia.

Dalam kondisi normal, gunung ini merupakan salah satu tujuan favorit pendakian. Jalur pendakian gunung yang berdampingan dengan Gunung Singgalang tersebut dimulai dari Koto Baru, Tanah Datar. Area gunung ini berada dalam wilayah konservasi Suaka Alam Marapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com