Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

31 Titik Jalur Kereta yang Rawan Bencana di Jember

Kompas.com - 02/12/2013, 20:12 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com — Sebanyak 31 titik jalur kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional  IX Jember, Jawa Timur, masuk kategori rawan bencana alam. Lokasi itu tersebar mulai dari Kabupaten Pasuruan hingga Banyuwangi.

Menurut Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daerah Operasional (Daops) IX Jember Suprapto, dari 31 lokasi rawan bencana alam, dua di antaranya rawan longsor, dan sisanya rawan banjir.

"Kalau yang rawan longsor berada di jalur Randuagung hingga Jatiroto, dan jalur Malasan hingga Ranuyoso," ujarnya. 

Untuk di wilayah Jember sendiri, kata Supratpo, ada empat titik yang masuk kategori banjir, yakni di jalur Mangli hingga Kotok. "Jadi seluruh perlintasan yang rawan bencana alam kami pantau secara ketat," katanya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, PT KAI Daops IX saat ini meningkatkan kewaspadaan dengan menambah personel penjagaan di titik rawan bencana.

"Jadi yang sebelumnya hanya dijaga dua personel, kini kami tambah jadi empat. Penjagaannya kami pantau selama 1 x 24 jam," ucap dia.

Ia berharap persiapan pengamanan itu dapat mengurangi risiko di jalur rawan bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com