Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tungku Meledak, Pabrik Tempe di Tasik Ludes Terbakar

Kompas.com - 01/12/2013, 16:50 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Satu pabrik pembuatan tempe di Desa Puspamukti, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, ludes terbakar akibat tungku kayu di dalamnya meledak, Minggu (1/12/2013). Bangunan berukuran 7 x 9 meter beserta isinya tak bisa diselamatkan dan kerugian ditaksir mencapai Rp 81 juta.

Kepala Polsek Cigalontang AKP Idan Wahyudin mengatakan, kebakaran di pabrik milik Aceng (42) ini terjadi sekitar pukul 09.00. Api bermula saat salah satu tungku kayu pembuatan tempe meledak. Api pun langsung melalap seluruh bangunan yang terbuat dari dari bambu dan kayu.

"Api cepat merembet karena bangunan panggung terbuat dari kayu dan bambu, jadi bukan bangunan permanen dari tembok," jelas Idan kepada Kompas.com.

Beberapa barang elektronik di dalamnya seperti televisi dan kulkas ludes terbakar. Termasuk uang tunai sebesar Rp 26 juta milik si pengusaha terlalap si jago merah. Beruntung kejadian itu tak memakan korban jiwa.

"Kalau korban jiwa tidak ada. Karena pegawai sebagian sedang libur dan berhasil menyelamatkan diri," tambah Idan.

Kini, api di bangunan sudah bisa dipadamkan. Namun, barang berharga yang berada di dalamnya tak satu pun yang berhasil diselamatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com