Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Lampung 2014 Sebelum Pileg

Kompas.com - 27/11/2013, 16:32 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan, beban KPU Lampung akan lebih berat jika Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lampung diselenggarakan bersamaan dengan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Namun, sulit pula jika pilkada tersebut diselenggarakan pada 2013. Yang paling mungkin adalah diselenggarakan pada 2014 sebelum pileg.

"Kesimpulannya, (pemungutan suara) 2014 dan harus selesai sebelum pileg," ujar Komisioner KPU Ida Budhiati di Hotel Novotel, Jakarta Utara, Rabu (27/11/2013).

Dia mengatakan, pihaknya telah mempertimbangkan berbagai faktor dan alasan hingga akhirnya memutuskan waktu penyelenggaraan pilkada itu. Ia pesimistis pemungutan suara dapat digelar sebelum akhir tahun 2013. Pasalnya, kata dia, Pemerintah Provinsi Lampung menyatakan, tidak ada anggaran yang memadai untuk mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi di provinsi itu.

Ida mengatakan, sulit pula menuruti saran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menyelenggrakan pemungutan suara serempak dengan Pileg, 9 April 2014. "Nah kalau itu (pemungutan suara) dilakukan pada 2014, memang bebannya sangat berat bagi penyelenggara pemilu," kata mantan anggota Komisioner KPU Jawa Tengah itu.

Sementara, dia mengatakan, jika pilkada terus ditunda hingga 2015, akan terjadi perdebatan soal partai politik (parpol) yang berhak mengusung pasangan calon kepala daerah. Ida menuturkan, pada 2015, DPRD Lampung tentu sudah diduduki oleh parpol baru.

"Parpol yang berhak mengajukan pasangan calon kan pemenang Pemilu 2009. Kalau sampai Pemilu 2014 berarti sudah ada konfigurasi (komposisi parpol pada DPRD Lampung) yang baru, dan tidak semua peserta Pemilu 2009 jadi peserta Pemilu 2014. Ada potensi keberatan juga," kata Ida.

Sebelumnya, Kemendagri mengusulkan agar Pilkada Lampung diselenggarakan pada 2014 berbarengan dengan pemungutan suara pileg.

"Gubernur bilang, bisa cairkan dana baru 2014. Kan 2014 bertepatan dengan pileg dan pilpres (pemilihan presiden). Tinggal apakah KPU memberi toleransi agar diselenggerakan paralel dengan pileg, 9 April 2014," ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Djohermansyah Djohan, Senin (18/11/2013) lalu.

Sebelumnya, KPU Lampung menjadwalkan pelaksanaan pilgub pada Oktober, kemudian diundur menjadi Desember. Jadwal tersebut untuk mengganti dua jadwal sebelumnya yang gagal dilaksanakan, yakni 2 Oktober dan 2 Desember 2013. Perubahan jadwal tersebut akan dilakukan pada rapat pleno terbuka di kantor KPU Lampung. Pada prinsipnya, jadwal yang telah ditetapkan 2 Desember. Namun, sampai saat ini, belum ada kucuran dana dari Pemerintah Lampung terkait pelaksanaan pilgub yang sudah dijadwalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com