Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rel Terendam Banjir, Penumpang KA Dijemput Bus

Kompas.com - 25/11/2013, 19:43 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Banyuwangi, Jawa Timur, selama lebih dari dua jam menyebabkan rel kereta api terendam air dengan ketinggian sekitar 35 sentimeter, Senin (25/11/2013).

Kondisi ini mengakibatkan KA Mutiara Timur tidak bisa beroperasi. Penumpang KA jurusan Surabaya-Banyuwangi tersebut tertahan di Stasiun Rogojampi.

Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Suprapto, mengatakan kepada Kompas.com, KA Mutiara Timur tidak bisa meneruskan ke dua stasiun terakhir yaitu Stasiun Karangasem dan Stasiun Banyuwangi Baru - Ketapang.

"Ada 112 penumpang kereta api Mutiara Timur yang tertahan di Satsiun Rogojampi. Rencananya mereka akan dijemput dan diantar menggunakan bus ke stasiun tujuan penumpang. Tinggal dua stasiun yang belum dilewati, yaitu Karangasem wilayah kota Banyuwangi dan Banyuwangi Baru Ketapang," jelasnya.

Suprapto menambahkan Daop IX Jember segera mengirimkan lokomotif khusus banjir dari Stasiun Jember. "Lokomotif yang digunakan Mutiara Timur cc 201 akan diganti dengan lokomotif jenis BB 304 agar bisa melewati badan rel yang terendam banjir," katanya.

Ia menambahkan petugas PT KAI segera memperbaiki kerusakan rel yang terendam banjir. Diperkirakan perbaikan tidak memakan waktu lama. Ia juga mengatakan kereta api yang akan melintas juga akan diminta mengurangi kecepatan saat melewati rel kereta api yang terendam banjir tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com