Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harimau Masuk Kampung, Anjing Liar Pun Menghilang

Kompas.com - 25/11/2013, 19:28 WIB

MARTAPURA, KOMPAS.com — Warga Perumahan Griya Praja Permai, Kelurahan Kotabaru Selatan, Kecamatan Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, diresahkan dengan kemunculan harimau yang diduga berjumlah tiga ekor.

"Setiap malam terlihat. Matanya terlihat menyala. Sudah beberapa hari ini kami selalu melakukan ronda malam," ungkap Ali, warga sekitar, ketika ditemui di kediamannya, Senin (25/11/2013).

Bahkan, sejak kemunculan harimau di perumahan tersebut, seluruh anjing liar yang biasa muncul dan berkumpul di sekitar perumahan itu tidak lagi terlihat.

"Biasanya ada puluhan anjing liar yang datang dan berkumpul setiap hari. Namun, sejak kemunculan harimau itu, anjing-anjing itu tidak lagi terlihat. Kami tidak tahu apakah anjing itu habis dimangsa, atau pergi karena ketakutan setelah bertemu langsung dengan harimau itu," tuturnya.
            
Anshori, warga lainnya, menuturkan, sejumlah unggas milik warga juga perlahan-lahan habis. Mereka menduga unggas-unggas itu dimangsa harimau. Menurut warga, mereka melihat jejak kaki harimau di dekat kandang ternak warga.

"Mungkin, mereka keluar dari dalam hutan karena sudah tidak ada makanan lagi, atau kalau tidak, mereka keluar karena hutan tempat mereka bersarang sudah dibuka dan dijadikan lahan oleh warga sekitar. Kami tidak tahu dari mana asalnya karena tidak ada hutan belantara di sekitar sini. Kalau hanya kebun karet memang ada, namun bukan hutan belantara," ujarnya. (Evan Hendra)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com