Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi "Show Off Force" Jelang Pleno Rekapitulasi Pilkada Garut

Kompas.com - 24/11/2013, 22:37 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Ribuan aparat kepolisian lengkap dengan kendaraan pengamanan massa, Minggu (24/11/2013), unjuk kekuatan dengan menggelar konvoi di sejumlah jalan protokol di Kota Garut.

Pamer kekuatan itu seolah sebagai jaminan dari polisi akan situasi dan kondisi yang aman khususnya selama pelaksanaan sidang pleno rekapitulasi penghitungan suara pilkada Garut putaran kedua pada Selasa mendatang.

"Kami tidak mau kecolongan. Apabila ada situasi yang berkembang, kami sudah siap dengan pasukan yang ada," kata Kapolres AKBP Arief Rahman, Minggu (24/11/2013) petang.

Situasi Garut, kata Kapolres, saat ini dinilai masih aman terkendali meski sempat ada saling klaim kemenangan dari kedua kubu berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei.

"Sampai saat ini belum ada indikasi ke arah yang negatif. Tapi tujuan kami untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Garut dengan kehadiran kekuatan yang maksimal," jelas Kapolres.

Kapolres menjelaskan, pihaknya menyiapkan 21 satuan setingkat kompi (SSK) atau sekitar 2.500 personel guna mengamankan jalannya rapat pleno rekapitulasi suara pilkada Garut putaran kedua Selasa mendatang. Ribuan petugas keamaman tersebut merupakan gabungan aparat dari Brimob Polda Jabar, Polres Garut, Polres Tasikmalaya, dan Polres Ciamis.

"Tentunya lengkap dengan mobil Barier, mobil water canon, barakuda, damkar, mobil patroli, rantis, dan sepeda motor untuk mengurai massa," tambah Kapolres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com